Minggu, 05 April 2020

Bersama Perangi Covid 19

Tulisan ini dibuat untuk mengajak para pembaca untuk bersama perangi covid 19.

Covid 19 atau wabah penyakit yang disebabkan oleh virus corona. Virus ini mengganggu sistem pernafasan manusia bahkan hingga berujung kematian. Virus ini pertama kali terdeteksi di Wuhan, Cina pada akhir Desember 2019 hingga akhirnya sekarang menyebar luas ke berbagai negara bahkan benua di belahan dunia. Dan sudah memakan banyak korban jiwa. 

Gejala virus corona bisa terdeteksi apabila merasa gejala seperti demam, flu, batuk dan sesak saat bernafas. Untuk memastikannya bisa datangi rumah sakit rujukan terdekat. Sampai saat ini belum ditemukan obat atau vaksin untuk menyembuhkan penyakit ini. 

Penyebaran Covid 19 bisa lewat fisik seperti bersentuhan atau berjabat tangan dan bisa lewat cipratan bersin ataupun air liur penderita covid 19.

Untuk menghindari menyebar luasnya covid 19 khususnya di Indonesia, Pemerintah menerapkan sistem karantina wilayah ataupun lockdown dengan kebijakan dari kepala daerah setempat. Warga yang sedang berada di wilayah zona merah disarankan untuk tidak mudik demi kepentingan bersama.

Sedangkan untuk individu, bisa dengan cara diawali dari diri sendiri dimulai dari hal yang kecil seperti rajin mencuci tangan menggunakan air dan hand sanitizer, juga menerapkan pola hidup sehat, jangan sering menyentuh wajah dengan tangan sebelum cuci tangan, melakukan social distancing yakni menghindari untuk tidak berpergian ketempat umum yang ramai, apabila ada keperluan mendesak bisa berpergian dengan menggunakan masker, juga melakukan physical distancing.

Covid 19 berdampak pada kesehatan manusia. Juga pada bidang sosial sehingga banyak sekolah di liburkan, para pegawai sipil bekerja dari rumah, semua aktivitas sosial di lakukan di rumah. Serta sangat berdampak pada perekonomian, banyak para pedangan yang tidak bisa dagang, para karyawan yang di phk, pekerja yang diliburkan sehingga tidak bisa mencari uang untuk kebutuhan sehari hari.

Untuk itu, demi menghindari menyebar luasnya Covid 19 ini mari kita bersama perangi covid 19 ini dengan meningkatkan kesadaran bahwa covid 19 ini sangat bahaya dan cepat menyebar luas, ayo kita ikuti himbauan pemerintah dan  lakukan pola hidup sehat, rajin cuci tangan, serta membantu tenaga medis agar diam di rumah saja, mulai dari diri sendiri, mulai dari sekarang bersama kita perangi covid 19.

1 komentar:

  1. Tulisan yang bagus...
    Lanjutkan terus buat karya tulisnya.
    Candra Taufik
    https://www.ctaufik.web.id

    BalasHapus